Rabu, 03 Maret 2010

CANDI BOROBUDUR


Candi Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah, sekitar 40 km dari Yogyakarta. Borobudur dibangun sekitar tahun 800 Masehi atau abad ke-9. Candi Borobudur dibangun oleh para penganut agama Buddha Mahayana pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Candi ini dibangun pada masa kejayaan dinasti Syailendra. Pendiri Candi Borobudur yaitu Raja Samaratungga yang berasal dari wangsa atau dinasti Syailendra. Kemungkinan candi ini dibangun sekitar tahun 824 M dan selesai sekitar menjelang tahun 900-an Masehi pada masa pemerintahan Ratu Pramudawardhani yang adalah putri dari Samaratungga. Sedangkan arsitek yang berjasa membangun candi ini menurut kisah turun-temurun bernama Gunadharma.Saat ini, Borobudur telah menjadi obyek wisata yang menarik banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Selain itu, Candi Borobudur telah menjadi tempat suci bagi penganut Buddha di Indonesia dan menjadi pusat perayaan tahunan paling penting penganut Buddha yaitu Waisak.

Borobudur menjadi salah satu bukti kehebatan dan kecerdasan manusia yang pernah dibuat di Indonesia. Borobudur menjadi obyek wisata dan budaya utama di Indonesia selain Bali dan Jakarta.

5 komentar:

Sun's mengatakan...

Wah pelajaran sejarahe metu jih pak Guru?
hahahahhahahah

Asep Cahya Jumara mengatakan...

laiyo to,,,, diem2 aku jg sneng sejarah jew,,, hihihi

1 mengatakan...

udah 3 x gwe kesini hehe kerennnn emnggg


berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
makasih
:D

Asep Cahya Jumara mengatakan...

ok sip....

Unknown mengatakan...

itu kalau ambil foto candi borobudur seperti itu dari mana ya mas..penasaran..kata temen ada bukit buat liat borobudur lewat atas..

Posting Komentar