Selasa, 02 Maret 2010

ALUN-ALUN KUTOARJO


Kutoarjo sebagai kota kecamatan mempunyai alun-alun yang luasnya dua x lapangan sepak bola dan berada di jantung kota Kutoarjo. Yaitu sebuah tanah lapang yang digunakan untuk olahraga dan kegiatan upacara bendera serta sebagai tempat public.
Secara letak alun-alun kutoarjo berada di pusat kota berada utara jalan negara, atau kalau dari arah jogja terdapat di sisi kanan. Di sekeliling alun-alun terdapat trotoar yang digunakan untuk pejalan kaki, namun jika malam hari untuk pedagang makanan. Setelah trotoar, terdapat jalan raya yang mengelilingi alun-alun. Sebelah timur alun-alun yaitu diseberang jalan terdapat SDN 1 Kutoarjo dan SDN Sawunggalih, Sebelah utara terdapat Perpustakaan Daerah dan Pendopo serta rumah dinas wakil bupati Purworejo. Sebelah Barat terdapat masjid Agung Kutoarjo dan sebelah selatan terdapat pertokoan yang menghadap ke arah utara /alun-alun.

Di tengah alun-alun terdapat sebuah pohon Beringin yang cukup lebat dan besar sehingga di bawahnya sangat teduh, di sebelah selatan bagian tengah teradapat sebuah tugu, meskipun di sekitar tugu tersebut sudah dibangun taman, namun Tugu tersebut masih di jaga dan di pertahankan karena konon mempunyai nilai sejarah perjuangan. Alun-alun bagian timur biasa di gunakan olahraga sepak bola karena terdapat gawang.

Pagi hari banyak orang yang olahraga / jogging di trotoar sekeliling alun-alun, jika sudah agak siang jam 7 s-d 10 biasanya digunakan untuk olahraga anak-anak sekolah, namun di bagian selatan dekat jalan raya biasa di gunakan untuk tempat jualan, es, bubur ayam dsb. Menjelang sore hari jam 16.00 mulai banyak para pedagang yang berjualan di alun-alun mempersiapkan dagangan dan mendirikan tenda, sehingga jam 17.00 sudah ramai warung tenda yang sudah buka.

Para pedagang menggunakan trotoar di sekiling alun-alun untuk berjualan, adapun trotoar yang digunakan yaitu sebelah barat, selatan dan timur, untuk bagian utara tidak ada yang berjualan, dan biasa di gunakan untuk arena dugem anak muda. Adapun jenis makanannya yaitu pecel lele, ayam, bakso, mie ayam, sate madura, bubur madura, gorengan, wedang ronde, jagung bakar, steak, nasi kucing, roti bakar, martabak, siomay dll.

5 komentar:

Sun's mengatakan...

Wah kngen kampung halaman
teringat dulu SMP olah raga di alun2 tercinta

Asep Cahya Jumara mengatakan...

iyo jew,,, aku jg kgen,,,,kgen nyego kucing, mejeng + nongkrong.

Sun's mengatakan...

Ouuuhhhh....ning pojokan kae zo?
jaiakakakkaak

Asep Cahya Jumara mengatakan...

haiyo,,,,muantabs pokoke...

Achmad Faiz Fauzi Alfarossa mengatakan...

affatour.blogspot.com

Posting Komentar