Jumat, 26 Februari 2010

NOKIA 5310 XpressMusic


Ponsel Idaman Pecinta Musik

Generasi baru XpressMusic, desain lebih tipis, garang dan meyakinkan sebagai pemutar musik handal, berkapasitas micro SD hingga 4 Gb.

Generasi ponsel musik Nokia masih berlanjut. Dengan bendera Xpress- Music, setelah seri 5200, 5300 dan 5700 Nokia akan merilis lagi seri musik baru yaitu 5610 dan 5310. Untuk seri 5310 yang diuji Selular, desainnya lebih tipis dan bahan pembuatnya sebagian terbuat dari metal, menghadirkan kesan kuat dan garang.

TAMPILAN
Balutan warna merah dan biru di sisi kiri dan kanan layar yang menjadi ciri khas ponsel Xpress Music, tetap muncul. Sedangkan tombol-tombol khas pemutar musik seperti play, pause, forward dan backward ada di sisi kiri serta pengatur volume di sisi kanan. Speaker utama ada di belakang ponsel, berupa tiga buah lubang yang memiliki bantalan kecil agar suara yang keluar tidak terlalu terhambat ketika ponsel diletakkan di meja.

DESAIN
Tak terlihat ada slot micro SD di sekeliling bodinya, karena letaknya ada di dalam dengan membuka cover baterainya terlebih dulu. Di bagian atas ada jack universal 3,5 mm yang memudahkan output musik dari ponsel ke input audio seperti headset dan speaker stereo lainnya. Di sisi jack audio ada slot micro USB yang memudahkan transfer lagu dari PC ke ponsel atau sebaliknya.

LAYAR
Bekal layer kelas atas dengan kedalaman warna hingga 16 juta warna membuat layarnya mampu menampilkan gambar sangat jernih termasuk gambar bergerak alias video. Dengan ukuran layer 320 x 240 piksel adalah ukuran standar ponsel-ponsel multimedia kebanyakan.

KEYPAD
Sebagai ponsel musik, Nokia menyediakan tombol shortcut untuk mengendalikan musik. Posisinya ada di sebelah kanan badan ponsel tepatnya samping layer bagian kanan. Dengan tombol itu, pengguna bisa dengan mudah mengoperasikan musik player tanpa mesti keluar masuk menu lainnya.

MUSIK
Meski ada di belakang, suara musik yang diputar tidak begitu mendem, karena ada bantalan kecil sehingga suara bisa keluar cukup lumayan. Selular mencoba memutar musik dengan volume maksimal, di dalam ruangan. Alunan musik berirama rock dapat terdengar cukup baik, namun belum nyaring. Untuk didengar dalam ruangan saja rasanya sudah cukup menghibur. Pemutar musik ini mendukung beberapa format audio seperti MP3, WMA, AAC, eAAC+ dan MIDI. Sebagai pemutar musik tentu ada banyak pilihan untuk memaksimalkan fitur musik. Diantaranya pengaturan playlist, equalizer yang menyesuaikan dengan lagu seperti rock, pop, jazz, classic dan set sesuai keinginan kita.

MEMORI
Pabrikannya tidak ingin mengecewakan pengguna ponsle ini kelak. Alhasil kapasitas memori eksternalnya berjenis micro SD mampu diexpand hingga 4 Gb. Ribuan lagu kesayangan dan aneka game seru bisa disimpan ke dalam memorinya. Sementara kapasitas memori internalnya hanya sebesar 64 Mb flash, 32 MB RAM.

SKIN
Tampilan skin bisa digantiganti, ada empat pilihan yaitu default, sine waves, sound sircuit dan vivid burst. Tiga yang terakhir paling cocok nuansanya dengan tampilan ponsel ini. Menu musiknya sangat familiar dan mudah dioperasikan, menampilkan judul lagu yang sedang diputar, total durasi dan durasi yang sedang berjalan serta indikator lainnya.

RADIO FM
Memiliki kemampuan auto search radio station yang sinyalnya bisa ada di sekitar kita. setelah auto search selesai dijalankan, maka akan tersimpan stasiun radio yang sinyalnya tertangkap. Jika kita ingin mengatur secara manual juga bisa, tinggal kita masukkan frekuensi stasiun radio yang kita ketahui. Tapi ada fasilitas rekam siaran radio manual maupun terjadwal.

MUSIC GUESS
Namanya juga ponsel musik, games yang tersedia berkaitan dengan musik juga. Ada dua model games di Music Guess, yaitu Quiz dan Match. Untuk Quiz, kita diminta menebak enam judul lagu yang sedang diputar dan di layar tampil pilihan judul-judulnya denganlimit waktu. Score akan ditampilkan jika batas permainan sudah usai.

MOBILE SEARCH
Sebenarnya ini adalah mesin pencari Yahoo! yang dimasukkan ke ponsel ini untuk mencari alamat web dan gambar-gambar. Kita bisa masukkan kata kunci apa saja dan klik search. Dan akan tersedia alamat web atau pun gambar yang berkaitan dengan kata kunci yang kita masukkan.

BATERAI
Tipe baterai BL-4CT lithium ion bertenaga 860 mAh, Nokia mengharapkan baterainya mampu bertahan siaga selama 300 jam dengan waktu bicara 5,4 jam. Hasil ujinya, saat digunakan memutar musik selama 4 jam, indikator baterai sama sekali tidak mengalami perubahan.

KINERJA
Kualitas suara untuk menerima panggilan telepon cukup bagus. Sambil memutar musik ponsel masih bisa digunakan untuk fungsi lain seperti membuka halaman web, membuka galeri foto. Tapi musik akan terhenti jika kita masuk ke games, fungsi kamera dan fitur lain yang berkaitan dengan audio. Layar 16 juta warna mampu menampilkan kualitas visual yang jernih.

0 komentar:

Posting Komentar